Kamis, 09 April 2009

Tahapan Riset Desain Grafis

Apa yang akan saya (sebagai yang punya blog) jelaskan mungkin akan sedikit berguna (mungkin lho ya...) bagi anda pengunjung Blog ini. Saya akan menjelaskannya khusus buat anda tentang tahapan-tahapan riset desain (ini bukan secara prosedural yang tentunya lebih rumit...)

Pada tahap awal kita akan mendapatkan suatu gambaran tentang satu masalah (sekarang saya coba ambil contohnya adalah, acara maulid nabi di kampung saya). Nah, sekarang ada satu masalah bahwa acara maulid nabi selalu tidak diminati para santri dan antusiasme mereka sangat kurang. Disini kita akan mencoba memetakan masalahnya terlebih dahulu. Lalu menetapkan tujuan apa yang akan kita capai. Disini harus dikatakan bahwa faktor-faktor apapun yang berkaitan diluar desain harus dieliminir (seperti pengamanan yang kurang ketat di acara...?)

Pada bahasan selanjutnya, kita akan mencari pendasaran-pendasaran apa yang digunakan pada seorang desain grafis untuk membuat desainnya seperti teori perilaku konsumen, warna, tipografi dan lain sebagainya. Ini penting agar kita tahu patokan-patokan apa saja yang akan kita lakukan dan menghindari kesalahan aplikasi desain

Setelah itu, kita coba menganalisa kompetitor (misalnya, acara maulid nabi di tempat lain, bahkan acara-acara Event Organizer Professional). mengapa harus seperti itu? Itu adalah sebagai pijakan dan perbandingan minimal, kita bisa melakukan sesuatu yang lebih baik dari yang mereka lakukan. Mengapa juga harus Event Organizer? Yah, diliat dari sistem acara yang ada, mereka tentu lebih professional. Itu bisa diaplikasikan pada acara maulid nabi (tentu beberapa saja...)

dan yang terakhir, aplikasi desain yang sudah berpatokan pada paragraf ketiga bahasan kita. Kita akan mencari slogan-slogan yang tepat untuk acara maulid, warna yang tepat, tipografi yang tepat bahkan maskot (kalau ada) yang tepat untuk pemublikasiannya...

Sekian dari saya (yang punya blog). Salam desain...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar